Rabu, 06 Maret 2013

Pengertian Inflasi, Deflasi, Devaluasi, Revaluasi, Depresiasi & Fiskal


Pengertian Inflasi, Deflasi, Devaluasi, Revaluasi, Depresiasi & Fiskal - Sholikhudin Arif | Karena mendapatkan tugas untuk mencari Pengertian Inflasi, Deflasi, Devaluasi, Revaluasi, Depresiasi & Fiskal  maka pada artikel kali ini saya akan memberikan Pengertian Inflasi, Deflasi, Devaluasi, Revaluasi, Depresiasi & Fiskal.

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita menjumpai istilah-istilah yang berhubungan dengan keuangan, baik melalui berita, komunikasi sehari-hari ataupun melalui farum-forum diskusi. Istilah-istilah tersebut seperti deflasi, defresiasi, apresiasi, inflasi terbuka, sanering, revaluasi, inflasi dan masih banyak lagi.

Istilah - istilah yang berhubungan dengan keuangan : 

1. DEFLASI, daya beli uang yang mengalami peningkatan, karena jumlah uang yang beredar relatif lebih sedikit dari jumlah barang dan jasa yang tersedia. Tujuan dari devaluasi adalah untuk meningkatkan ekspor barang, neraca pembayaran menjadi surplus.

2. DEFRESIASI, penurunan nilai tukar mata uang terhadap mata uang asing yang terjadi di pasar uang.

3. APRESIASI, kenaikan nilai tukar suatu mata uang terhadap mata uang asing yang terjadi di pasar uang.

4. INFLASI TERBUKA, keadaan dimana harga-harga bergerak tak terkendali, serta terdapat kelebihan permintaan terhadap barang.

5. SANERING, pemotongan nilai mata uang yang dilakukan oleh pemerintah.

6. REVALUASI, kebijakan pemerintah untuk menaikan nilai mata uang dalam negeri terhadap valuta asing.

7. DEVALUASI, kebijakan pemerintah untuk menurunkan nilai mata uang dalam negeri terhadap valuta asing dengan sengaja. Deflasi dapat di atasi dengan cara pemerintah menambah pembelanjaan, masyarakat menambah pengeluaran.

8. INFLASI, diartikan sebagai kecenderungan kenaikan harga barang dan jasa secara umum yang berlangsung secara terus-menerus akibat tidak seimbangnya arus barang dan arus uang.

9. KEBIJAKAN MONETER, segala kebijakan pemerintah di bidang moneter dengan tujuan menjaga kestabilan moneter untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

10. KEBIJAKAN FISKAL, kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan pajak, pengaturan pemasukan dan pengeluaran pemerintah dan kebijakan pinjaman pemerintah.

11. KEBIJAKAN NON MONETER, kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan peningkatan produksi, kebijakan upah buruh dan pengawasan harga.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2182834-pengertian-inflasi-deflasi-devaluasi-revaluasi/#ixzz2MmHKXgLJ

4 komentar:

ketika pemerintah melakukan revaluasi apakah ada dampak positif dan negatifnya? sepertinya penjelasannya kurang rinci. trims.

Inflasi naik ya harga barang naik.. itu yang bikin kita teriak-teriak sih..
ada ga sih cara biar ga kena inflasi?
investasi yang aman dari inflasi

Pengertian Inflasi, Deflasi, Devaluasi, Revaluasi, Depresiasi And Fiskal ~ Sholikhudin Arif >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Pengertian Inflasi, Deflasi, Devaluasi, Revaluasi, Depresiasi And Fiskal ~ Sholikhudin Arif >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Pengertian Inflasi, Deflasi, Devaluasi, Revaluasi, Depresiasi And Fiskal ~ Sholikhudin Arif >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More